Emailsilaulaut@asahankab.go.id
Support08xxx

UPTD SMPN 3 Silau Laut Laksanakan P5 Dalam Kurmer bertemakan Kearifan Lokal


Silau Laut, 10 April 2023-UPTD SMPN 3 Silau Laut yang berlokasi di Desa Silo Baru Kecamatan Silau Laut melaksanakan kegiatan proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Kegiatan ini merupakan bagian dari kurikulum merdeka (kurmer). Salah satu tujuan Kurmer adalah mengembangkan potensi peserta didik. Selain itu kurmer juga dapat menciptakan pendidikan yang menyenangkan. Kurikulum ini juga untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila yang dikembangkan berdasarkan tema tertentu. Dikutip dari informasi yang disampaikan oleh Kepala Sekolah UPTD SMPN 3 Silau Laut, Suprawita Sari, S.Pd, M.M tema yang dibawa pada kegiatan ini yaitu Kearifan lokal. Kearifan lokal sendiri merupakan pandangan hidup dan pengetahuan serta berbagai strategi kehidupan yang berwujud aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat lokal dalam menjawab seluruh masalah dalam memenuhi kebutuhan. Kearifan lokal juga merupakan kekayaan budaya masyarakat suku-suku bangsa yang memiliki potensi luar biasa. Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa Kecamatan Silau Laut merupakan daerah pesisir yang  menghasilkan potensi perikanan yang tinggi. Sebagian besar masyarakat memanfaatkan potensi ini sebagai mata pencaharian, baik itu perikanan tangkap maupun pengolahan perikanan. Selain itu, sesuai dengan program Pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan maka UPTD SMPN 3 Silau Laut memilih tema Kearifan Lokal diantaranya seperti uraian berikut ini:

1. Kearifan lokal, produksi Udang Manis, Si asin penggugah selera
 
peserta didik ikut mempraktekkan pengolahan udang manis 

Peserta didik kelas VII SMPN 3 Silau Laut, mengunjungi pelaku usaha pengolahan ikan produk "udang manis" di Desa Silo Baru Kecamatan Silau Laut. Udang Manis adalah nama produk di pasaran. Hasil olahan udang laut yang diasinkan ini merupakan produk yang banyak diminati sebagai bahan makanan yang menggugah selera. Selain rasanya yang gurih sebagai penyedap makanan alami, udang manis juga tahan lama tanpa pengawet buatan. Peserta didik ikut langsung membuat olahan udang manis tersebut. Suprawita menyampaikan "Proses membuat udang manis, sebagai daerah pesisir atau pinggir laut sumber daya alam berupa hasil laut termasuk udang menjadi salah satu mata pencaharian warga silau laut. Nah, diharapkan murid-murid memahami kearifan dimaksud sekaligus dapat melestarikan bahkan mengembangkannya"
"Semangat berkolaborasi anak-anak kami, didampingi Bapak Ibu Guru mata pelajaran IPA : klasifikasi hewan, IPS : sumber daya alam di Indonesia, Bahasa Inggris : procedure text ".

2. Kearifan Lokal, Produksi terasi/belacan

Kunjungan ke lokasi pembuatan terasi/belacan

Masih berdasarkan informasi dari Bu Suprawita, bahwasannya, selain kunjungan ke pengolah udang manis, murid-murid UPTD SMPN 3 Silau Laut juga mendatangi pengusaha terasi/ belacan di Desa Silo Baru . Tujuannya agar para murid memahami salah satu kearifan lokal daerahnya. Dengan hasil laut yang didapat warga, ada yang memproduksi nya menjadi terasi yang rasanya mantap.
Hal ini tentunya menjadi  salah satu mata pencaharian yang sangat relevan dan omset yang menjanjikan bagi warga Silau Laut sekaligus dapat membuka lapangan kerja bagi ibu-ibu rumah tangga dalam mendukung ekonomi keluarga.
Didampingi Bapak Ibu guru mata pelajaran IPA, IPS, dan Bahasa Indonesia untuk menyusun laporan. Semangat kolaborasi korespondensi dan presentasi yaaa nak... (rfs)

 

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !